Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
BerandaAllah Ada Tanpa TempatDari Imam Abdullah al-Haddad; Shahib ar-Ratib: "Allah Ada Tanpa Tempat"

Dari Imam Abdullah al-Haddad; Shahib ar-Ratib: “Allah Ada Tanpa Tempat”

Aqidah Asy-Syaikh al-Imam as-Sayyid Abdullah ibn Alawi al-Haddad al-Hadlrami al-Husaini (w 1132 H), penulis Ratib al-Haddad

Asy-Syaikh al-Imam as-Sayyid Abdullah ibn Alawi al-Haddad al-Hadlrami al-Husaini (w 1132 H), penulis Ratib al-Haddad yang sangat mashur, dalam karya beliau berjudul ‘Aqîdah Ahl al-Islam menuliskan:

“وأنه تعالى مقدس عن الزمان والمكان وعن مشابهة الأكوان، ولا تحيط به الجهات”

“Dan sesungguhnya Allah maha suci dari waktu, tempat, menyerupai makhluk-makhluk-Nya, dan maha suci dari segala arah”[1].

Baca juga: Mutiara Indah Dalam Memahami Sifat 20 (Dalam Bahasa Indonesia)

Di negara kita Indonesia, al-Imam Abdullah al-Haddad sangat mashur. Ratib al-Haddad salah satu karya beliau yang berisikan akidah tauhid dibacakan oleh berbagai lapisan masyarakat di hampir seluruh pelosok Indonesia. Karya-karya beliau sebagai pembelaan terhadap akidah Ahlussunnah juga sangat banyak. Anda perhatikan, salah satu karya beliau di atas berjudul ‘Aqidah Ahl al-Islam, artinya bahwa kitab yang beliau tulis ini berisikan pokok-pokok akidah seluruh orang Islam, yang apa bila disalahi maka yang menyalahinya tidak lagi disebut seorang muslim. Dan di antara pokok akidah seorang muslim, seperti dalam penegasan al-Imam Abdullah al-Haddad di atas adalah berkeyakinan bahwa Allah ada tanpa tempat dan tanpa arah. Dengan demikian, siapapun yang menyalahi akidah ini maka dia tidak dianggap sebagai seorang muslim.

___________________

 [1] ‘Aqidah Ahl al-Islam, h. 12

Kholil Abou Fatehhttps://nurulhikmah.ponpes.id
Dosen Pasca Sarjana PTIQ Jakarta dan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hikmah Tangerang
TULISAN TERKAIT

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Catatan Populer

Komentar Terbaru