Selasa, Maret 5, 2024
spot_img
BerandaBukti Kebenaran Aqidah Asy'ariyyahKesesatan WahabiTerungkap! Karramiyyah = Wahhabiyyah; Nama Beda Keyakinan Sesat Sama!

Terungkap! Karramiyyah = Wahhabiyyah; Nama Beda Keyakinan Sesat Sama!

Dahulu namanya Karramiyyah, sekarang namanya wahhabiyyah; aqidahnya sama-sama sesat; mengatakan Allah bertempat di atas Arsy

Dahulu namanya Karramiyyah, sekarang namanya wahhabiyyah; aqidahnya sama-sama sesat; mengatakan Allah bertempat di atas Arsy.

Abû ‘Abdillâh (Muhammad Ibn Karrâm, w 255 H) telah menuliskan (dalam bukunya) bahwa Allah bertempat di atas ‘Arsy, dan bahwa Dzat-Nya berada di arah atas. Dia menyebut Allah sebagai benda (Jauhar). Dalam kitabnya berjudul “Azab al-Qabr” dia mengatakan bahwa Allah Maha Esa pada Dzat dan pada benda-Nya. Menurutnya Allah menempel dengan ‘Arsy dari sisi atas. Dia juga membolehkan bagi Allah untuk berpindah-pindah, berubah-ubah, dan turun. Di antara mereka (pengikut Ibn Karrâm) ada yang mengatakan bahwa Allah berada di atas sebagian ‘Arsy. Sebagian mereka lainnya mengatakan bahwa Allah (bertempat) memenuhi ‘Arsy. Kemudiian kalangan mereka yang datang belakangan mengatakan bahwa Allah bertempat di arah atas dengan tanpa menempel dengan ‘Àrsy.

Baca juga: Makna al-Uluw Pada Hak Allah

Catatan:
Di zaman sekarang keyakinan semacam ini adalah keyakinan Wahabi!

Karramiyyah = Wahhabiyyah, hanya label/nama saja yang berbeda, aqidah mereka sama-sama tasybih; menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya. Ditaruh di mana akal sehat mereka? Mereka yakin arsy itu makhluk Allah; lalu mereka mengatakan Allah bertempat di atas arsy! Itu artinya menurut “logika jongkok” mereka Allah membutuhkan kepada makhluk-Nya! Itu artinya menurut mereka Allah berubah dari semula yang ada tanpa arsy menjadi berada di atas arsy! Itu artinya menurut mereka Allah itu baharu; berubah dari satu keadaan kepada keadaan yang lain! Di mana akal sehat mereka?

Selengkapnya baca buku: Penjelasan Lengkap Allah Ada Tanpa Tempat dan Tanpa Arah

Lebih aneh lagi dalam saat yang sama juga mereka mengatakan Allah berada di langit! Na’udzu Billah….. 

Kholil Abou Fatehhttps://nurulhikmah.ponpes.id
Dosen Pasca Sarjana PTIQ Jakarta dan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hikmah Tangerang
RELATED ARTICLES

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Abou Qalby on Cahaya di Kegelapan
×

 

Assalaamu'alaikum!

Butuh informasi dan pemesanan buku? Chat aja!

× Informasi dan Pemesanan Buku