Selasa, Maret 5, 2024
spot_img
BerandaDo'a-Do'aKumpulan Do'a-Do'a Untuk Diamalkan Sehari-hari

Kumpulan Do’a-Do’a Untuk Diamalkan Sehari-hari

Mukadimah

Segala puji bagi Allah yang Maha  Suci, tidak ada sekutu bagi-Nya. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada pembawa syafa’at, orang yang paling kita cintai; Nabi Muhammad. Juga kepada para keluarga, sahabat dan para pengikut beliau hingga hari kiamat.

Buku saku ini walaupun kecil namun -Insya Allah- akan membawa manfa’at yang sangat besar bagi orang yang mau mengamalkannya. Mudah-mudahan kita semua menjadi menjadi orang yang selalu mengamalkan ajaran-ajaran Rasulullah. Amin

Dari Saudara Tuan,
Abu Fatih Kholil Muhyiddin

 

Bab Tentang Shalat Hajat

Imam at-Thabarani dalam kitab al-Mu’jam as-Shaghir dan kitab al-Mu’jam al-Kabir dan Imam al-Baihaqi dalam kitab Dala’il an-Nubuwwah meriwayatkan dari Sahabat Utsman bin Hunaif bahwa seseorang sahabat yang buta matanya mengadu kepada Rasulullah. Rasulullah berkata kepadanya: “Bersabarlah!”. Sahabat tersebut menjawab: “Wahai Rasulullah saya tidak memiliki orang yang menuntun saya dan saya kesulitan dengan kebutaan ini”. Rasulullah bersabda: “Datangilah tempat wudlu’, berwudlulah, kemudian shalatlah dua raka’at, setelah itu bacalah doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنّي أسْألُكَ وَأتَوَجَّهُ إلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ (صلّى الله عليه وسلم) نَبِيِّ الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إنِّيْ أتَوَجَّهُ بِكَ إلَى رَبِّي لِتُقْضَى لِي حَاجَتِي  ….

(Lalu sebutkan hajatmu…..)

Sahabat ‘Utsman bin Hunaif berkata: “Demi Allah sebelum kami berpisah dari majelis Rasulullah dan belum panjang pembicaraan kami, orang buta tersebut telah datang bergabung kepada kami dengan mata yang telah sehat seakan tidak pernah terkana cela”. Hadits ini dinyatakan Shahih oleh Imam at-Thabarani dan lainnya.

 

Bab Tentang Manjampi Orang Sakit

Imam Muslim, Imam at-Tirmidzi, Imam Ibnu Majah dan lainnya meriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id al-Khudzri bahwa Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah, berkata: “Wahai Muhammad adakah engkau sedang merasa sakit?”. Rasulullah menjawab: “Benar”. Kemudian Malaikat Jibril menjampinya dengan bacaan berikut:

بسْمِ اللِّهِ أَرْقِيْكَ مِنْ كُلِّ مَا يُؤْذِيْكَ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ عَيْنٍ، اللهُ يَشْفِيْكَ، بِسْمِ اللهِ أرْقِيْكَ

 

Bab Bacaan Setiap Selesai Shalat Subuh Dan Maghrib

Imam Abu Dawud dalam kitab Sunan dan Imam lainnya meriwayatkan dari Sahabat Muslim bin al-Harits at-Tamimi bahwa Rasulullah memberikan bacaan rahasiah kepadanya. Rasulullah berkata: “Jika engkau engkau telah selesai dari shalat maghrib maka bacalah sebanyak 7 kali:

اللّهُمَّ أجِرْنِيْ مِنَ النَّار

Sesungguhnya bila engkau membacakannya kemudian engkau meninggal di malam harinya maka akan dicatatkan bagimu bidadari-bidadari dari bacaan tersebut. Dan bila engkau selaesai shalat subuh maka baca pula seperti itu. Dan bila engkau meninggal pada hari itu maka dicatatkan bagimu bidadari-bidadari dari bacaan tersebut

 

Bab Bacaan Setiap Selesai Shalat Subuh.

Imam at-Tirmidzi dalam kitab Sunan meriwayatkan dari Sahabat Abu Dzarr bahwa Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca berikut ini setiap selesai shalat subuh sebanyak 10 kali, dan dia masih dalam keadaan melipatkan kakinya dan belum berbicara suatu apapun:

لاَ إلهَ إلاّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِىْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيْرٌ

Maka dicatat baginya 10 kebaikan, dihapuskan darinya 10 keburukan, diangkat baginya 10 derajat dan pada siang harinya ia akan terjaga dari setiap yang dibenci serta dijaga dari setan.

 

Bab Bacaan Ketika Masuk Pasar

Imam at-Tirmidzi, Imam Ibnu Majah, Imam Thabarani dan lainnya meriwayatkan dari Sahabat ‘Umar bin Khathab, bahwa Rasulullah bersabda: “Barang siapa masuk pasar dan membacakan:

لاَ إلَهَ إلاّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِىْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ بِيَدِهِ اْلخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيْرٌ

Maka Allah akan mencatatkan baginya sejuta kebaikan, menghapuskan darinya sejuta keburukan dan mandirikan sebuah rumah baginya di surga.

 

Bab Bacaan Saat Pergi Ke Masjid

Imam Ahmad dalam kitab Musnad, Imam Ibnu Majah dalam kitab Sunan, Imam al-Baihaqi dalam kitab ad-Da’awat al-Kabir dan para Imam lainnya meriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id al-Khudzri bahwa Rasulullah bersabda: “Barang siapa keluar dari rumah menuju shalat dan ia membaca:

اللّهُمَّ إنِّيْ أسْألُكَ بِحَقِّ السَّائِلِيْنَ عَلَيْكَ وَبِحَقِّ مَمْشَايَ هذَا، فَإنِّي لَمْ أَخْرُجْ أَشَرًا وَلاَ بَطَرًا وَلاَ رِيَاءً وَلاَ سُمْعَةً، خَرَجْتُ اتِّقَاءَ سَخَطِكَ وَابْتِغَاءَ مَرْضَاتِكَ، أَسْأَلُكَ أَنْ تُنْقِذَنِيْ مِنَ النَّارِ وَأَنْ تَغْفِرَ لِيْ ذُنُوْبِيْ إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاّ أَنْتَ

Maka Allah mewakilkan baginya 1000 malaikat untuk beristigfar [memintakan ampun] baginya.

 

Bab Bacaan Setelah Wudlu

Imam Muslim dalam kitab Shahih dan Imam lainnya meriwayatkan dari Sahabat ‘Umar bin al-Khathab bahwa Rasulullah bersabda: “Tidak seorangpun dari kalian yang menyempurnakan wudlunya kemudian membaca:

أَشْهَدُ أنْ لاَ إلهَ إلاّ اللهُ وَأنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

kecuali orang tersebut akan dibukakan baginya pintu-pintu surga yang delapan, dan dia akan masuk dari pintu manapun yang ia kehendaki”.

 

Bab Keutamaan Membaca لا إله إلا الله

Imam al-Bukhari dalam kitab Shahih, Imam Muslim dalam kitab Shahih dan Imam lainnya meriwayatkan dari Sahabat ‘Ubadah bin as-Shamit berkata: “Aku mendengar Rasulullah bersabda: Siapa yang membaca:

مَنْ شَهِدَ أَنْ لاَ إلهَ إلاّ اللهُ وَأنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَأَنَّ عِيْسَى عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ وُابْنُ أَمَتِهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِنْهُ وَأنَّ اْلَجَنَّة َحَقٌّ وَأَنَّ النَّارَ حَقٌّ

maka Allah akan memasukkannya ke surga dengan amal yang ia miliki”.

 

Bab Keutamaan Membaca لا حول ولا قوة إلا بالله

Imam Ahmad dan Imam lainnya meriwayatkan dari Sahabat Abu Ayyub al-Anshari dari Rasulullah bahwa saat ia [Rasulullah] di-isra’-kan bertemu dengan Nabi Ibrahim. Ia berkata kepada Rasulullah: “Perintahkan ummatmu untuk memperbanyak tanaman surga karena sesungguhnya tanah surga itu sangat baik dan sangat luas”. Rasulullah berkata: “Apakah tanaman surga?”. Nabi Ibrahim berkata: “Ia adalah

 لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Sahabat Abu Musa al-Asy’ari bahwa Rasulullah berkata kepadanya: “Wahai ‘Abdullah bin Qais maukah engkau aku tunjukkan kepada tabungan akhirat?! bacalah:

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاّ بِاللهِ

 

Bab Keutamaan Membaca Tasbih (سبحان الله) dan Tahmid (الحمد لله)

Imam Muslim dan Imam lainnya meriwayatkan dari Sahabat Abu Dzarr, bahwa ia berkata: “Wahai Rasulullah kalimat apakah yang paling dicintai Allah? Rasulullah menjawab: “Kalimat yang telah Allah pilihkan sendiri bagi diri-Nya, yaitu:

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ

Imam an-Nasa’i dalam kitab ‘Amal al-Yaum Wa al-Lailah, Imam Ahmad dan Imam lainnya meriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id al-Khudzri dan Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah telah memilihkan kalimat

سُبْحاَن َاللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلاَ إلهَ إلاَّ اللهُ وَاللهُ أكْبَر

Maka jika seorang hamba membaca [سبحان الله] Allah akan mencatatkan baginya 20 kebaikan, jika membaca [لا إله إلا الله] Allah mencatatkan baginya demikian pula, jika membaca [ألله أكبر] Allah mencatatkan baginya demikian pula, dan jika ia membaca [لبحمد لله رب العالمين] dari dirinya sendiri maka dicatatkan baginya 30 kebaikan dan dihilangkan darinya 30 keburukan”.

Imam al-Bukhari, Imam at-Tirmidzi, Imam at-Thabarani dan lainnya dari Sahabat Abu Hurairah berkata: Bersabda Rasulullah: Barang siapa membaca

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ

setiap hari 100 kali maka akan dihapuskan kesalahan-kesalahannya sekalipun sebanyak buih lautan”.

Imam al-Bukhari, Imam Muslim, Imam at-Tirmidzi dan Imam lainnya meriwayatkan dari Sahabat Abu Hurairah berkata: Bersabda Rasulullah: “Dua kalimat sangat ringan dalam lidah, namun sangat berat dalam timbangan dan sangat dicintai oleh Allah,

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ  سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ

 

Bab Keutamaan Membaca Shalawat atas Rasullullah

Imam as-Sakhawi dan Imam lainnya meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: “Barang Siapa membaca shalawat kepadaku di waktu asar pada hari jum’at sebanyak 80 kali maka Allah mengampuni baginya dosa-dosa 80 tahun”.

 

Bab Bacaan Menghilangkan Sakit Semacam Lumpuh Pada Kaki

Imam al-Bukhari dalam kitab al-Adab al-Mufrad meriwayatkan dari Sahabat ‘Abdurrahman bin Sa’ad, berkata: “Ketika kaki ‘Abdullah bin ‘Umar, seseorang berkata kepadanya: Sebutlah orang yang paling engkau cintai!!. Maka Sahabat ‘Abdullah bin ‘Umar berkata: “Yaa Muhammad!!”. [Hadits ini diriwayatkan pula oleh Ibnu Sunni dalam kitab ‘Amal al-Yaum Wa al-Lailah yang sanadnya berbeda dengan Imam al-Bukhari. Dalam riwayat Ibnu Sunni ini ‘Abdullah bin ‘Umar berkata: “Yaa Muhammadah!!!”. Setelah itu ia langsung sembuh, dapat berdiri dan berjalan.

 

Bab Doa Ketika Kedatangan Kesusahan Dan Marabahaya

Imam Ibnu Hibban, Imam Ahmad, Imam at-Thabarani meriwayatkan dari ‘Ali bin Abi Thalib, berkata: “Rasulullah mentalqinkan aku beberapa kalimat dan menyuruhku untuk membacanya jika aku kedatangan kesusahan dan kesulitan. Yaitu:

لاَ إلِهَ إِلاّ اللهُ الكَرِيْمُ اْلحَلِيْمُ، وَسُبْحَانَهُ وَتَبَارَكَ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، وَاْلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

 

Bab Doa Yang paling banyak dibaca Rasulullah

Imam al-Bukhari dan Imam Muslim dalam kedua kitab Shahih-nya meriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik, bahwa doa yang paling banyak dibaca Rasulullah adalah:

رَبَّنَا ءَاتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

 

[(       تمّ بحمد الله تعالى         )]
Kholil Abou Fatehhttps://nurulhikmah.ponpes.id
Dosen Pasca Sarjana PTIQ Jakarta dan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hikmah Tangerang
RELATED ARTICLES

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Abou Qalby on Cahaya di Kegelapan
×

 

Assalaamu'alaikum!

Butuh informasi dan pemesanan buku? Chat aja!

× Informasi dan Pemesanan Buku